Lebih mengenal MCC dengan sejarahnya

MCC adalah singkatan dari Makassar Cycling Club yang awalnya bernama BMC (Bridgestone Makassar Cycling).

Group sepeda BMC di mulai pada tahun 1991, diawali dua bersaudara Halim G P dan Liem Tjong San. Mereka berdua berolah raga sepeda diwaktu subuh, jam 05:00 pagi,  mengunakan sepeda Road bike buatan local atau biasa kita sebut sepeda balap dengan tujuan agar lebih bugar dan  sehat .

Dari dua bersaudara tersebut, beberapa hari kemudian bergabunglah beberapa teman yaitu Kusmartoyo Salli , Pheter Witono, Fransiscus (alm), Ermin Lisman, Erwan Lisman dan Ali citra.

Kemudian generasi (kelompok) kedua yang ikut bergabung adalah Ruslim Rivai ( saudara dari Halim dan San ) tinggal di Jakarta, Jaury Kandani, Marthen , Charles Picardi, Tongky, Fendy Honsujaya, Robert Alexander, Hengky Taning, Fredy Tjioe dan Amir .

Hari latihan BMC pada saat itu adalah Selasa , Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu . Hari Senin dan Jumat BMC digunakan untuk istirahat.

Saat itu, rute hanya mengelilingi kota dengan kecepatan sekitar 25 – 35 km/jam, titik kumpul di depan Masjid Raya di jalan  Gunung Bulusaraung. Biasanya acara rutin ini berakhir di warung kopi Phoenam yang saat itu masih berlokasi di jalan Nusantara.

Generasi ( kelompok ) ketiga yang bergabung  adalah Edwin, Eddy Machsus, Ricky, Bing , Budiono , Udin, alm Rusli, Rudy, Kanny, Ayung, Faizal D.S, Saiful D.S dan Ferry L. Karena seringnya bertemu rombongan bersepeda yang lain, pada akhirnya mereka bergabung dengan BMC. Seperti mantan – mantan atlit Sulsel Abdullah, Habantu, Hamka dan beberapa atlit muda Sulsel seperti Basri, Asiz, Oktavianus dan Rumallang. Hal ini berpengaruh pada  meningkatnya kecepatan  dan semakin jauhnya jarak tempuh latihan.

Pada awalnya tidak terbersit keinginan untuk membentuk suatu club, mereka bergabung  semata–mata karena kesamaan tujuan dan pemahaman yakni untuk mendapatkan kebugaran dengan bersepeda. Selain itu juga untuk memupuk rasa kebersamaan, persaudaraan dan saling tolong menolong terutama pada saat bersepeda keluar kota. Seiring  dengan bertambah banyaknya teman-teman yang bergabung ,maka dipandang perlu diadakan pembentukann Klub agar lebih terorganisir baik dalam hal jadwal latihan, pembiayaan Klub dan pengelolaan dana, kerena selama ini pembiayaan ditanggung oleh 4 orang Donatur saja.

Pada tanggal 30 April 1993 diadakan Rapat untuk merubah Group sepeda menjadi Club sepeda dengan nama tetap Bridgestone Makassar Cycling atau disingkat BMC.

Pengurus pertama menggunakan format sederhana dengan susunan sebagai berikut :

Ketua                                              Halim G.P.

Sekretaris                                      Kapten Polisi Eddy Machsus

Bendahara                                     Fendy Honsujaya

Ketua Bidang Keanggotaan         Liem Tjong San

Sekretariat beralamat di jalan Sulawesi no 47 – Makassar.

Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga pun dibuat dan kepengurusan disempurnakan seperti berikut :

KetuaHalim G.P
Wakil KetuaPheter Witono
SekretarisKapten Polisi Eddy Machsus
BendaharaFendy Honsujaya
Ketua Bidang KeanggotaanLiem Tjong San
Ketua Bidang PembinaanHabantu
Wakil Ketua Bidang PembinaanHamka
Seksi Humas / DokumentasiGunawan
Seksi PeralatanBudiono

Pada hemat kami tidak ada satu organisasi kecil maupun besar yang berjalan mulus tanpa terhindar dari gejolak serta mengalami gelombang pasang surut dengan keluar masuknya anggota dan masalah – masalah intern didalam Club demikian juga dengan  Bridgestone Makassar Cycling   (BMC). Tetapi justru itulah bagian dari dinamika  satu Organisasi dan menjadi filter alamiah bagi organisasi .

Pada tahun 1995 Bapak Halim G.P selaku Ketua mengadakan rapat di jalan Sulawersi No 47 untuk mencari nama lain, karena nama Bridgestone Makassar Cycling Dianggap kurang tepat dengan kegiatan bersepeda Club ini. Akhirnya dipilih dan diputuskan untuk memakai nama Makassar  Cycling  Club  ( MCC ) .

Motto dari MCC adalah :

FRIENDSHIP – SOLIDARITY – FRATERNITY ( PERSAHABATAN – SOLIDARITAS – PERSAUDARAAN ) disingkat F S F .

Jadi kami ingin menyampaikan bahwa dengan satu pertemuan /perjumpaan  cenderung melahirkan persahabatan dan persahabatan yang mempunyai tujuan /sasaran yang sama menimbulkan solidaritas yang dipupuk dan akan menimbulkan Persaudaraan .

M C C tidak mengenal adanya perbedaan etnis , ras , agama dan status ekonomi.  Semua sama kedudukannya sebagai anggota dan ini adalah tujuan dari MCC , menyatukan para penghobi dan maniak sepeda yang ingin mendapatkan kebugaran jasmani dan kebahagian Rohani kerena semua bisa selalu senang .

Acara Peresmian CLUB M C C  dan susunan Pengurusnya diadakan pada tanggal 31 juli 1999 di Hotel Quality jl.Somba Opu No 235 – Makassar yang dihadiri oleh Ketua ISSI Sulawesi Selatan sekaligus Wakapolda Brigjen Pol. Drs John Lalo, Wakil Gubernur II Pemda Tk I Drs.H.Masnawi AS,  Walikota Makassar  Drs,H.A Baso Aminuddin Maula Sh,Ms. Turut hadir juga  Kol Pol.Drs.Ishak  Iskandar (mantan Ketua ISSI Sulsel) dan  Pembantu Gubernur  Wil  III Makassar  Drs.H.Andi Ampa Ulleng.

Susunan Pengurus tidak berubah hanya ada tambahan Pelindung dan Penasehat Sbb :

Pelindung                                                         Drs.H.Masnawi.AS               (Wkl Gubernur II Pemda TK I )

Penasehat I                                                      Drs.H.A.Baso Amiruddin    (Walikota kota Madya Makassar)

Penasehat II                                                     Drs.H.Andi Ampa Ulleng    (Gubernur Wil III Makassar)

Ketua                                                                Halim G.P.

Wakil Ketua                                                     Pheter Witono

Sekretaris                                                        Kapten Pol Eddy Machsus

Bendahara                                                      Fendy Honsujaya

Ketua Bidang Keanggotaan                         Liem Tjong San

Ketua Bidang Pembinaan                            Habantu

Wakil Ketua Bidang Pembinaan                 Hamka

Seksi Humas / Dokumentasi                       Gunawan

Seksi Peralatan                                              Budiono

Setiap tahun MCC mengagendakan Touring untuk anggota MCC dengan 3 (tiga) jenis Touring yaitu Tour Lokal di Propinsi Sulsel , Tour Lokal  Dalam Negeri ke beberapa kota di Indonesia dan Tour Luar Negeri. Selain itu dalam rangka membangun persaudaraan dengan komunitas Road Bike, maka anggota MCC baik secara personal maupun secara Club sering berpartisipasi di berbagai event baik dalam negeri maupun diluar negeri .

Seiring perkembangan zaman, saat ini MCC telah mampu mendorong dan memotivasi lahirnya club-club bersepeda lainnya di lingkungan kota Makassar dan Propinsi Sulawesi Selatan melalui kegiatannya selama ini. Dibawah kepemimpinan om Liem Tjong San atau yang akrab dengan panggilan Ko San telah mampu membawa MCC menjadi sebuah club bersepeda yang solid sebagaimana falsafah F-S-F tanpa membedakan ras, agama dan kemampuan ekonomi. Bravo MCC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
Instagram